Ketua RT dan RW Mundur, Lurah Jatijajar Tegaskan Tak Ada Kaitan Politik

0
81
Lurah Jatijajar, Sugino.(Foto: DepokToday/Eru)

JATIJAJAR—Lurah Jatijajar, Sugino, menegaskan kisruh mundurnya Ketua RW 02 dan sejumlah RT sama sekali tidak ada kaitan dengan kancah perpolitikan di Kota Depok.

“Nggak ada kaitan dengan politik. Semua yang saya lakukan normatif. Saya juga tidak ada kepentingan apa-apa terkait dengan pemilihan ketua RW 02 periode 2020-2023,” ujar Sugino, Sabtu (17/10/2020).

Lurah menceritakan tindakan yang dilakukan sejak akan berakhirnya masa kepengurusan Ketua RW 02 periode 2017-2020, sudah sesuai SOP (Standar Operasinal Prosedur).

“Berkaitan dengan berakhirnya masa bakti RW 02 pada 23 Oktober 2020, kelurahan menyurati pengurus RW. Proses pemilihan RW menyerahkan sepenuhnya kepada warga. Sabtu (10/10/2020), diadakan pertemuan warga yang undangannya pembentukan panitia pemilihan RW02,” katanya.

Dari pertemuan itu, lanjutnya, ada kesepakatan kembali melanjutkan kepemimpinan Ketua RW 02, Supandi. Kemudian, panitia bersurat ke kelurahan menyerahkan berita acara pemilihan, sekaligus meminta pelaksanaan pengukuhan.

“Namun, beberapa hari kemudian datang surat keberatan warga terhadap pengukuhan ketua RW 02. Surat tersebut dikirim oleh warga RW 02 yang ditandatangani sebanyak 36 orang. Surat tembusan keberatan juga disampaikan ke Kecamatan (Tapos),” paparnya.

Lurah mengatakan dalam persoalan ini ada hal yang perlu diluruskan terlebih dulu. Yakni, berkaitan dengan adanya surat keberatan tersebut.

“Saya tanya apa panitia sudah menerima surat tersebut. Katanya tidak dan minta diabaikan saja. Saya sampaikan dan minta ke Pak RT silakan diverifikasi apakah benar warga yang menolak ini warga lingkungan RW 02. Kalau tidak benar, RT silakan buat berita acara dan sampaikan ke kelurahan,” jelasnya.

Sugino menyatakan, dalam pengambilan keputusan dirinya juga mendapat arahan dari Camat Tapos, agar mengumpulkan warga untuk menyelesaikan.

“Rencananya, saya akan memanggil pihak terkait, yakni warga yang keberatan dengan panitia pemilihan,” katanya.

“Kalau tidak ada masalah, saya pasti langsung terima terkait pengukuhan. Ini perlu diclearkan dulu sebelum ada pengukuhan. Sebagai Lurah, mereka (yang keberatan) juga kan warga saya,” tambahnya.

(eru)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here