Kobra 1,5 Meter Ngumpet di Dapur Rumah Warga Sawangan

0
406
Temuan anak kobra Jawa (DepokToday, Rul)

SAWANGAN-Untuk kesekian kalinya, warga kembali dikejutkan dengan keberadaan ular jenis kobra Jawa yang bersarang di perumahan. Kali ini, peristiwa itu terjadi di kawasan RT 03/04, Kelurahan Pasir Putih, Kecamatan Sawangan, Depok, Jawa Barat.

Beruntung, ular beracun dengan panjang sekira 1,5 meter tersebut berhasil diamankan oleh petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Depok, pada Sabtu 21 Desember 2019.

Kejadian bermula ketika salah seorang warga setempat curiga dengan suara desis yang bersumber dari salah satu lubang di rumahnya. Setelah diperiksa, ternyata di lubang tersebut terdapat seekor ular yang sedang melilit tikus. Panik bercampur takut, warga kemudian melaporkan temuan itu ke petugas DPKP.

“Jadi kita dapat laporan dari warga atas nama Matalih. Tim kemudian bergegas ke lokasi dan Alhamdulillah ular tersebut berhasil kami evakuasi tanpa korban jiwa,” kata Hermawan, petugas DPKP UPT Bojongsari.

Ular tersebut, jelas Hermawan, ditemukan berada di lubang tikus dekat pembuangan air di dapur.

“Ditemukannya setelah melakukan pembongkaran dengan menyiramkan air karbit selama 15 menit akhirnya ular kobra itu keluar dari dalam lubang tikus yang berada di tanah dan langsung kami amankan.”

Petugas temukan kobra di Sawangan

Selain menemukan kobra dewasa, petugas juga mendapati satu ekor anakan kobra Jawa. “Dugaan kami yang ini indukannya, betina. Panjangnya sekitar 1,5 meter,” ujarnya

Lebih lanjut Hermawan mengimbau agar warga tetap waspada dan bekerjasama menjaga agar lingkup tetap bersih. “Kami juga mengingatkan agar warga segera melapor jika mencurigai adanya ular. Jangan bertindak gegabah, dan jangan panik. Pastikan titik terakhir ular terlihat agar petugas mudah melacaknya.” (rul/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here