Komsos, Kodim 0508/Depok Adakan Lomba Kreatif Tari Topeng Betawi

0
79
Kegiatan lomba Tari Topeng Betawi.(Foto: Istimewa)

PANCORAN MAS—Kodim 0508/Depok terus melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) TNI dengan berbagai komponen masyarakat.

Jumat (18/9/2020), giliran para pelaku seni budaya, khususnya pegiat sanggar yang diajak dalam kegiatan komsos dengan lomba Tari Topeng Betawi yang mengangkat tema Membentuk SDM Kreatif, Inovatif, dan Adaptif.

Dandim 0508/Depok, Kolonel Agus Isrok Mikroj, melalui sambutannya yang dibacakan Kasdim 0508/Depok, Letkol Inf Hari Sistiyono menyampaikan komsos TNI dengan komponen masyarakat perlu dijaga dan terus ditingkatkan.

“Komsos penting dilaksanakan sebagai ajang silahturami antara TNI dan masyarakat, membangun jiwa kebangsaan, serta memupuk rasa cinta kepada bangsa dan negara,” ungkapnya.

Terkait gelaran kreatif tari Topeng Betawi, katanya lagi, karena merupakan salah satu budaya yang ada di Kota Depok.

“Indonesia, termasuk Depok memiliki beraneka ragam budaya dan suku bangsa dengan sumber daya alam (SDA) yang melimpah. Untuk itu, kita sebagai warga negara memiliki tugas dan tanggung jawab besar untuk menjaga itu semua,” ungkapnya.

Agar tetap lestari, lanjutnya, seni budaya ini harus terus diperkenalkan kepada masyarakat, termasuk para generasi penerus.

“Kegiatan seperti ini penting dilaksanakan sebagai upaya untuk membangun dan meningkatkan jiwa kebangsaan yang semakin hari semakin luntur,” ujarnya.

Penyerahan trofi kepada juara Tari Topeng.(Foto: Istimewa)

Tampil sebagai juara dalam lomba ini, yakni juara 1 Sanggar Cantiqu, juara 2 Sanggar Amelia, dan juara 3 Sanggar Ayu. Sedangkan juara harapan 1 Sanggar Sayup Studio dan juara harapan 2 Sanggar Kenes.

Hadir dalam lomba Pasiter kodim 0508/Depok Kapten Inf Ibrahim, para Danramil dan PA Staf, Ketua Persit KCK Cab XXII yang diwakilkan Sekretaris Persit, anggota kodim 0508/Depok, dewan juri dan pelatih, serta peserta tari topeng Betawi.

(eru)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here