Lengan Alam Mampu Merubah Buah Maja Jadi Karya Seni Bernilai Tinggi

0
61
Tempat komunitas Lengan Alam berkarya.(Foto: DepokToday/Ale)

CITAYAM—Selain dapat digunakan sebagai obat tradisional atau bahan pupuk organik, buah maja ternyata bisa dijadikan kerajinan tangan.

Lengan Alam, komunitas seniman di Komplek PJKA Citayam RT 03/RW 12, Kelurahan Bojong Pondok Terong (Boponter), Kecamatan Cipayung, Kota Depok, yang mampu bikin buah maja jadi karya seni bernilai tinggi.

Di tangan komunitas Lengan Alam, batok buah maja digambar berbagai motif menarik sehingga menghasilkan pundi-pundi Rupiah.

Pendiri Lengan Alam, Muhammad Dilla, mengungkapkan karya seni dari buah maja sudah digeluti beberapa tahun belakang ini. Seiring berjalannya waktu, kerajinan tangan Lengan Alam mulai diminati pembeli bahkan kebanjiran order.

“Awalnya saya menyayangkan buah maja yang berjatuhan menjadi sampah, sampai akhirnya saya mencoba dan mencari ide untuk dibuat sebagai kerajinan,” kata Dilla kepada DepokToday, Jumat (16/10/2020).

Kerajinan tangan dari buah maja.(Foto: DepokToday/Ale)

Dilla merincikan, kreasi dari buah maja yang sudah berhasil menembus pasaran salah satunya adalah celengan lukis.

“Harga kerajinan tangan buah maja mulai Rp25 ribu bahkan Rp100 ribu, tergantung gambar dan tingkat kesulitan,” ulasnya.

Melalui buah maja ini, Dilla juga sempat menyumbangkan sejumlah kerajinan tangannya dalam sebuah acara dimana hasilnya diberikan untuk kaum yang membutuhkan.

“Pernah saat itu reuni SMP menyumbangkan sekitar 30 hasil karya celengan lukis untuk dijual dan disumbangkan untuk santunan yatim piatu,” ungkapnya.

Dilla berharap ke depannya ada wadah sebagai sarana aspirasi para pekerja seni, khususnya seni kerajinan tangan, di wilayah Citayam.

(ale)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here