Warga Bojongsari Temukan Ular Kobra di Lemari

0
4033
Temuan anak kobra Jawa (DepokToday, Rul)

DEPOK– Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Depok, Jawa Barat kembali dibuat sibuk dengan keberadaan ular yang menyasar pemukiman warga. Kali ini, laporanya di kawasan Perumahan Permata Manseun, Kelurahan Serua, Kecamatan Bojongsari.

Hermawan, salah satu petugas UPT Damkar Bojongsari mengatakan, pihaknya telah berhasil mengamankan dua ekor anak ular jenis kobra Jawa di salah satu rumah warga di kawasan tersebut, pada Selasa 17 Desember 2019.

“Jadi kita dapat laporan dari pemilik rumah katanya ada di kamar, tepatnya di belakang lemari kalau yang satu lagi kita temukan di jalanan di lingkungan situ juga,” katanya

Ia menuturkan, ular dengan panjang sekira 30 senti meter itu diperkirakan baru berusia satu hingga dua bulan. Dan menurut keterangan warga, dalam sepekan terakhir telah ditemukan sedikitnya delapan ekor ular kobra di perumahan itu.

“Yang sudah ditemukan sebelumnya ada delapan. Ada yang langsung di matikan oleh warga karena pada takut, berbahaya. Kalau induknya belum ditemukan,” katanya

Hermawan meyakini, masih ada anak ular kobra lainnya yang berkeliaran di kawasan tersebut. Meski belum menimbulkan korban, namun kondisi ini telah membuat warga resah.

“Kemungkinan bisa jadi ada lagi karena sudah menyebar. Nah kita sarankan untuk antisipasinya tolong dibersihkan rumah. Terus anak-anak kecil jangan sampai dibiarkan bermain di tempat lembab dan di rumh di usahain kasih wangi-wangian karena ular enggak betah kalau ada tempat wangi.”

Petugas evakuasi anak ular kobra di rumah warga (istimewa)

Lebih lanjut Hermawan mengatakan, rencana dua ekor anak ular kobra yang ditemukan ini akan ia lepaskan kembali ke habitatnya di wilayah yang jauh dari pemukiman warga.

“Tentunya ini akan kita lepas lagi kehabitatnya, seperti sungai karena keberadaan ular inikan bukan ancaman tapi siklus alam.” (rul/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here